VOLVO CE Ungkapkan Prototipe Excavator EX2 Tenaga Listrik

Advertisement

VOLVO CE Ungkapkan Prototipe Excavator EX2 Tenaga Listrik – Kendaraan listrik sudah banyak yang diuji bahkan di komersialkan. Tapi kini saya akan bahas tentang alat berat yang menggunakan energi listrik sebagai energi penggeraknya. Volvo Construction Equipment menunjukkan excavator EX2 nya dengan full elektrik nol emisi yang kompak, efisiensi 10 kali lebih tinggi, mengurangi biaya kepemilikan, dan tingkat kebisingan 10 kali lebih rendah.

Mereka menunjukkannya di  Volvo Group Innovation Summit in London. Volvo Construction Equipment (Volvo CE) ini meluncurkan konsep mesin terbarunya yang dikenal dengan EX2 ke industri spesialis, pembuat kebijakan, akademis dan media pada hari Selasa 16 Mei 2017 yang lalu.

Prototype excavator compact 100 persen nol emisi, 10 kali lebih efisien, tingkat kebisingan 10 kali lebih rendah dan mengurangi biaya kepemilikan total dibandingkan dengan teman-teman konvensionalnya. Hal tersebut diyakini sebagai prototipe excavator kompak listrik pertama di dunia.

EX2 dipresentasikan di Volvo Group Innovation Summit di London, Inggris, di samping inovasi dari seluruh Grup Volvo, termasuk sebuah truk sampah otonom dari Volvo Trucks dan sebuah bus listrik dari Volvo Buses. KTT inovasi ini berpusat pada infrastruktur dan transportasi di perkotaan masa depan dan berfokus pada bagaimana industri bisa memberikan dampak positif pada masyarakat lewat peningkatan efisiensi transportasi, pengurangan dampak lingkungan dan peningkatan keselataman berlalu lintas.

Volvo Group mendefinisikan elktromobilitas sebagai kendaraan komersial dan mesin yang bisa memanfaatkan motor listrik untuk menggerakkan atau melakukan tujuan utama mesin.

Dalam pembuatan prototipe ekskavator Volvo EX2 full listrik ini, mesin pembakaran telah diganti dengan dua baterai lithium ion dengan total kapasitas 38KWh, yang bisa menyimpan enerfi listrik yang cukup untuk mengoperasikan mesin selama delapan jam dalam aplikasi intens, seperti menggali tanah yang kompak.

Arsitektur hidrolik juga digantikan dengan tenaga listrik yang menggabungkan aktuator linier elektromekanik yang membantu optimalkan rantai transmisi. Penggantian sistem hidrolik dan mesin pemabakaran, serta mengurangi kebutuhan pendinginan, telah menghasilkan tingkat kebisingan yang jauh lebih rendah. Di tahap ini, Volvo EX2 murni merupakan proyek penelitian dan untuk saat ini tidak ada rencana untuk industrialiasasi.

Volvo EX2 ini berawal dari proyek penelitian ELEXC sebelumnya, dimana sebagaian dibiayai oleh pemerintah Prancis serta berbagai badan pendanaan di Perancis. Volvo CE bekerja dengan sebuah tim yang terdiri dari enam perusahaan mitra yang semuanya berkontribusi dalam proyek € 7m. Pekerjaan ini dimulai pada taun 2012 dan berakhir pada tahun 2015, Volvo CE telah mengerjakan proyek penelitian lain yang terkait dengan EX2, seperti uji ketahanan.

Advertisement
Tags:

ARTIKEL TRUK & BUS LAINNYA

No Response

Leave a reply "VOLVO CE Ungkapkan Prototipe Excavator EX2 Tenaga Listrik"