Truk Volvo Self-Steering Diatur Untuk Tingkatkan Panen Tebu di Brazil

Advertisement

Truk Volvo Self-Steering Diatur Untuk Tingkatkan Panen Tebu di Brazil – Maringá, disebelah barat São Paulo, Usina Santa Terezinha Group memproduksi gula dan etanol dari tanaman tebunya sendiri. Pada musim panas yang lalu, ladang besar perusahaan ini telah berfungsi sebagai area uji kendaraan prototipe dari Volvo Truck.

Prototype Truk tersebut dikembangkan untuk memeriksa bagaimana penggerak otomatis dapat memungkinkan untuk menghindari kerusakan pada tanah dan tanaman, sehingga meningkatkan pendapatan. Potensi panen yang lebih besar secara signifikan hingga 10 ton per hektar per tahun.

Dengan bantuan solusi dari volvo, pihak Usina Santa Terezinha Group bisa meningkatkan produktivitas, tidak hanya untuk satu tanaman tunggal namun juga untuk keseluruhan siklus tanaman tebu, yang berlangsung selama lima sampai enam tahun.

Saat ini, Tebu dibawa dari ladang menggunakan harvester (pemanen) dan truk yang di operasikan secara manual, yang dikemudikan dengan kecepatan rendah. Ketika sebuah truk terisi penuh dan dikosongkan muatannya, yang berikutnya bergerak ke samping pemanen dan proses ini berulang terus.

Ini adalah tantangan besar untuk para sopir truk dimana untuk mencocokkan kecepatan dengan mesin pemanen dan pada saat yang bersamaan harus berkonsentrasi penuh pada jalurnya, supaya tidak melindas tanaman yang ada didekatnya yang akan tumbuh menjadi tanaman ditahun berikutnya.

Volvo Truck telah memecahkan masalah tersebut dengan adanya sistem bantuan pengemudi yang bisa mengotomatisasi kemudi. Hal tersebut memastikan bahwa truk akan selalu berada di jalur yang tepat saat berkendara, disamping dan jauh dari traktor pemanen, shingga tanaman tidak rusak terinjak.

Dibantu dengan Receiver GPS, truk itu nantinya akan mengikuti peta berbasis koordinat di ladang tebu. Dual giroskop (IMU) memastikan bahwa tidak hanya roda depan tetapi keseluruhan kendaraan yang dikemudikan secara presisi tinggi, untuk mencegah truk berbelok lebih dari 25mm secara lateral dari jalur yang telah ditetapkan.

Ketika memuat tebu, pengemudi bisa memilih kecepatan dengan bantuan Cruise control, atau untuk mempercepat dan mengerem secara manual. Karena sopir dibebaskan dari beban saat mengemudi presisi tinggi yang menuntut konsentrasi dan melelahkan, lebih mudah untuk tetap fokus dan bekerja dengan cara yang lebih santai dan aman sepanjang shift.

Dengan solusi ini, perusahaan akan segera meningkatkan produktivitas pelanggan secara signifikan di industri tebu. Pada saat yang sama, perusahaan akan memperbaiki kondisi dan keamanan para pengemudi, sehingga pada gilirannya akan membuat pekerjaan lebih menarik dan membuatnya lebih mudah untuk merekrut dan mempertahankan sopir.

Di musim panas ini, proyek penelitian akan beralih ke fase pengembangan produk, dengan lebih banyak kendaraan yang diuji coba di lapanan. Kemudian, solusi bisa diharapkan tersedia secara komersial di masa yang akan datang.

Tahun ini Volvo Truck Brazil akan menawarkan pelanggan VM nya di industri tebu dengan sitem pembacaan peta berbasis GPS yang canggih yang memberikan pengemudi jauh lebih mempertahankan jalur yang telah ditentukan, walaupun kemudi sebenarnya masih bisa ditangani secara manual pada tahap ini.

Truk self-steering yang digunakan untuk transportasi tebu merupakan salah satu proyek penelitian dan pengembangan Volvo Truck untuk kendaraan otomatis. Pengujian saat ini sedang dilakukan adalah truk otonom di sebuah pertambangan di Kristineberg di Swedia utara dan sebuah truk pengumpul sampah otomatis yang sedang diuji di Gothenburg, Swedia.

Tujuannya adalah untuk mengevaluasi gimana sistem dengan tingkat otomatis yang berbeda dapat berkontribusi pada produktivitas yang lebih tinggi, lingkungan kerja lebih baik dan keamanan juga lebih baik lagi.

Fakta : 
Kendaraan : Truk Volvo VM konfigurasi Self-Steering untuk transportasi tebu
Otomatis : Sistem dengan fitur seperti receiver GPS, Unit motor stepper untuk kemudi, dual giroskop (IMU) dan layar tampilan pengemudi.

Advertisement
Tags:

ARTIKEL TRUK & BUS LAINNYA

No Response

Leave a reply "Truk Volvo Self-Steering Diatur Untuk Tingkatkan Panen Tebu di Brazil"