Truk Dengan Sasis 18 Meter Terpanjang dari TATRA

Advertisement

Truk Dengan Sasis 18 Meter Terpanjang dari TATRA-2-compressed

Truk Dengan Sasis 18 Meter Terpanjang dari TATRA – Tatra pernah membangung sebuah truk besar dengan delapan as roda yang berhubungan. Kendaraan truk ini selesai dibuat pada bulan agustus 2015 yang lalu. Ini merupakan truk dengan konfigurasi 16×8 yang dibuat khusus untuk Streicher Drilling Technology Jerman. Truk tersebut akan digunakan untuk melakukan eksplorasi pengemboran di daerah dengan medan jalan yang sulit.

Truk Tatra ini mempunyai berat sekitar 84 ton, dimana kelompot roda depan dari tiga as menggunakan suspensi udara dimana masing-masing mampu menopang berat 10 ton. Kemudian kedua as roda tengah dikombinasikan dengan suspensi udara dan per daun yang bisa menopang beban seberat 16 ton pada masing-masing roda. Lalu kecepatan maksimal hanya boleh menggunakan beban maksimal 14,7 ton.

Lalu pada kelompok roda belakang dari ketiga as roda dapat dikendalikan dengan suspensi udara dengan kapasitas beban masing-masing 10 ton. As roda belakang bisa dikendalikan dengan hidrolik pada kontrol elektronik yang diproduksi oleh VSE Belanda dan bisa terkait dengan kemudi roda depan, sehingga ketika roda bagian depan berbelok, kelompok roda bagian belakang juga bisa berbelok menyesuaikan belokan truk tersebut.

Dengan konfigurasi roda ini, maka berat yang diizinkan oleh truk ini adalah 86,4 ton, namun masih ada batas maksimal yaitu 92 ton dengan pilihan ban yang memadai.

Mesin Caterpillar C-32 12 silinder

Untuk penyokong tenaga dari truk ini, menggunakan mesin Caterpillar C-32 12 silinder V empat langkah yang mempunyai sistem pendingin pembakaran internal, mempunyai volume 32 liter, yang bisa mengeluarkan output 839 kW atau 1132 HP dan torsi 5.143 Nm. Pengoperasian maksimal hanya diperlukan ketika mengemudikan rig pengeboran, maka dalam kasus ini propulsi powertrain listrik dan torsi menjadi berkurang setengahnya.

Allison 8600 Series

Allison 8600 Series

Transmisi menggunakan gearbox Allison 8610 MR dengan 6 percepatan dan juga dilengkapi dengan retarder. Lewat drive universal tenaga di transmisikan ke Distribusi gearbox tambahan dan bisa di sesuaikan dengan rig pengeboran (tenaga mesin penuh) dengan keluaran atas dari gearbox, atau untuk kendaraan standar (tenaga mesin berkurang) dengan keluaran bawah gearbox.

Output yang lebih rendah sekali lagi terhubung lewat universal drive bersama dengan gearbox tambahan (auxiliary gearbox)  kedua, sudah terintegrasi pada trailer, dimana ketika mengemudi akan didistribusikan antara as ke ban dari as roda di dorong secara permanen ke 1, 2, 4 dan as ke 5. Tansmisi tambahan ini di produksi oleh Tatra dengan komponen yang sudah diproyeksikan untuk gigi standar dan ditujukan untuk truk seri Tatra Force dan Tatra Phoenix.

Sistem pendinginan mesin, tansmisi dan isrkuit hidrolik diletakan kedua sisi kendaraan, dibelakang kabin, diletakan dua unit pendingin, masing-masing dielngkapi dengan sistem ventilasi hidrolik.

Kendaraan ini menggunakan kabin Tatra Force dengan kursi pengemudi dan kernet. Kabin tidak bisa dilipat seperti untuk kendaraan standar, dikarenakan batas ketinggian yang diperlukan dalam hal instalasi mesin, ini bergerak maju 200 mm dan 50 mm ke bawah. Frame terdiri dari dua bagian yang terhubung bersama dalam ruang poros ketiga, bagian depan diproduksi oleh Tatra sendiri, sedangkan unit berikutnya ditambahkan dari produsen Jerman.

Sehingga panjang truk ini secara keseluruhan termasuk bingkai adalah 18,080 meter, tinggi 2,490 meter dan lebarnya 3 meter. Walaupun truk tersebut panjang, tetapi radius putarnya adalah 15,5 meter, radius lingkaran 14,3 meter.

GALLERY SPECIAL TATRA TRUCKS

Advertisement
Tags:

ARTIKEL TRUK & BUS LAINNYA

No Response

Leave a reply "Truk Dengan Sasis 18 Meter Terpanjang dari TATRA"