Daimler Trucks Asia Pamerkan FUSO eCanter Pertama di IAA 2016

Advertisement

Daimler Trucks Asia Pamerkan FUSO eCanter Pertama di IAA 2016 – Tanggal 21 September 2016 yang lalu, Daimler Truck Asia menampilkan World Premiere truk eCanter di IAA 2016. Truk ini adalah Fuso eCanter Electric seri light-duty truck semua elektrik yang selama enam tahun setelah generasi pertama dari truk all-electrik perdana tahun 2010 di IAA.

fuso-ecanter-bagian-depan

Model generasi ke tiga ini akan disajikan dengan perkembangan teknis yang lebih lanjut. Perkembangan datang dari percobaan pelanggan dari kendaraan generasi kedua FUSO Canter E-Cell (BACA: Mitsubishi Fuso Canter E-Cell Bertenaga Listrik) yang dilakukan tahun 2013 di Jepang, 2014 di Portugal dan sekarang ini di Stuttgart, Jerman.

Uji coba dilakukan secara terus menerus untuk memungkinkan Daimler Trucks Asia merancang FUSO eCanter nol-emisi untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik para pelanggannya dan membuatnya sangat cocok digunakan sehari-hari dalam pengiriman jarak dekat dan transportasi perkotaan.

daimler-trucks-asia-pamerkan-fuso-ecanter-pertama-di-iaa-2016

Fuso ECanter ini bisa melakukan perjalanan lebih dari 100 kilometer, melebihi jarak rata-rata yang banyak dilakukan perjalanan pada truk distribusi radius pendek per hari. Semisal di Jepang, rata-rata 9- p[ersen dari light-duty dalam perjalanan pengiriman kota sekitar 50 km per hari.

Berdasarkan pengetahuan tersebut yang diperoleh dari percobaan test drive, DTA telah mengembangkan konsep baterai modular yang menawarkan jarak tempuh lebih atau muatan lebih tergantung pada kebutuhan setiap pelanggan pribadi.

Satu set tiga sampai lima baterai lithium-ion dirangkai berbaris dengan kapasitas 13.8kWh setiap Lima unit baterai dipasang kendaraan dengan berat kotor (GVW) 7,5 ton, sementara bisa menempuh jarak 100kms jarak tempuh harian, yang memberikan pelanggan pilihan yang fleksibel berdasarkan pada penggunaan.

ecanter-fuso-mitsubishi

Pengisian baterai pada 200 volt membutuhkan waktu sekitar 7 jam, sedangkan penggunaan sistem pengisian DC cepat bisa mengurangi ke kurangan dari satu jam (73kW, 80 persen dari kapasitas baterai). Komponen kunci juga mencakup sebuah motor listrik dengan output 185kW dan torsi maksimal 380Nm.

Selain itu, FUSO eCanter ini telah mencapai muatan 2-3 ton, jumlah yang diperlukan bagi pelanggan untuk pengoperasian armada secara efisien. Disaat yang sama, analisis awal Daimler Truck Asia telah menunjukkan bahwa model ini bisa menghemat sekitar 1.000 Euro per 10.000 kilometer dan memotong biaya operasional hingga 64% dibandingan dengan truk diesel konvensional. Ditambah dengan pengurangan biaya pemeliharaan sekitar 30 persen, ini membuat kendaraan Fuso ECanter menjadi solusi yang ekonomis bagi konsumen yang bisa membayar kembali biaya awal dalam waktu dua tahun saja.

Seri kecil eCanter akan dikirimkan dari akhir tahun 2017 di Jepang, Amerika Serikat dan Eropa untuk pelanggan terpilih yang terkait dengan jasa pengiriman antar kota. Menjadi terdepan dalam full listrik light-duti truk, DTA sejauh ini telah menginvestasikan 40mn Euro dalam pengembangan penggerak listrik termasuk penelitian dan pengembangan. Model nol emisi ini akan diproduksi di Daimler Truck Asia di Portugal, Tramagal dan Kawasaki.

Advertisement

ARTIKEL TRUK & BUS LAINNYA

No Response

Leave a reply "Daimler Trucks Asia Pamerkan FUSO eCanter Pertama di IAA 2016"